About

Cara Membuat Footnote atau Catatan Kaki di MS Word

Cara membuat footnote atau catatan kaki di MS Word,- Footnote atau bahasa indonesianya catatan kaki adalah daftar keterangan atau penjelasan mengenai sebuah kata yang biasanya terdapat dibagian bawah setiap lembaran buku atau akhir bab karangan ilmiah. Mungkin banyak dari anda yang sudah mengetahui atau belum mengetahui mengenai footnote atau catatan kaki ini, biasanya footnote banyak ditemui pada kata di sebuah buku yang diberi tanda dengan nomor kecil dan Jika anda perhatikan pada bagian bawah halaman buku terdapat penjelasan mengenai kata tersebut sesuai nomor kecil yang tertera.

Tentunya hal ini bukan tanpa maksud, pasalnya banyak kata yang jarang diketahui oleh banyak orang dalam sebuah buku atau media cetak lainnya. Nah oleh karena itu footnote (catatan kaki) sangat dibutuhkan untuk memberi penjelasan mengenai kata yang kurang jelas tersebut. Footnote tidak cuman dipakai dalam buku saja melainkan banyak juga digunakan dalam berbagai tugas seperti makalah. Dalam membuat makalah atau tugas lainya tentunya menggunakan software pengolah kata, biasanya yang digunakan adalah MS Word . Lalu satu pertanyaan, apakah bisa membuat footnote atau catatan kaki di MS Word? jawabanya adalah bisa sekali, karena MS word sudah menyediakan fitur untuk membuat footnote (catatan kaki).


Nah bila anda sekarang sedang membuat sebuah tugas serta membutuhkan sebuah penjelasan mengenai kata yang sulit dimengerti, footnote bisa anda gunakan. Karena dengan ini kata yang sudah dikasih footnote yang bila disentuh kursor akan otomatis memberikan penjelasan, Untuk tutorial membuat footnote atau catatan kaki di MS Word bisa anda lihat di bawah ini.

Cara Membuat Footnote (Catatan Kaki) di MS Word


Sebelum itu untuk tutorial kali sebagai contoh saya menggunakan MS Word 2007, namun bila anda menggunakan MS Word versi lain seperti 2003, 2010 atau 2013 tutorial ini masih bisa digunakan karena caranya sama saja, berikut tutorialnya.

1. Pertama silahkan buka lembar kerja anda lalu cari kata yang ingin diberi footnote (catatan kaki), kemudian silahkan tempatkan kursor pada akhir kata tersebut.

2. Selanjutnya klik menu References lalu klik Insert footnote, atau untuk lebih cepatnya tekan (Alt+Ctrl+F) pada keyboard.


3. Maka otomatis anda akan dibawa ke bagian bawah lembar kerja MS Word, kemudian tinggal anda tuliskan penjelasan atau keterangan mengenai kata yang diberi footnote tersebut.


4. Nah terakhir tinggal cek kata yang sudah diberi footnote dengan cara disentuh kursor, maka akan muncul penjelasan yang sudah anda buat sebelumnya.


5. Selesai.

Nah mudah bukan cara membuat footnote atau catatan kaki di MS Word, silahkan lakukan cara yang sama jika ada kata yang susah dimengerti. Sekian tips mengenai MS Word yang dapat saya bagikan dan semoga bermanfaat.

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();