About

Cara Membuat Nomor Halaman (Page Number) di MS Word

Cara membuat nomor halaman pada dokumen MS Word,- Pada postingan sebelumnya saya pernah membagikan tutorial microsoft word mengenai cara membuat footnote atau catatan kaki di MS Word, Nah pada kesempatan kali ini saya kembali akan membagikan tutorial MS Word yang mungkin saya sedang anda cari yaitu cara membuat nomor halaman pada dokumen MS Word. Membuat nomor halaman pada lembar kerja ms word biasanya dilakukan jika sedang membuat tugas yang berisi banyak halaman, hal ini bukan tanpa maksud pasalnya jika tidak dibuatkan pege number atau nomor halaman mencari penjelasan atau bab tertentu akan sulit ditemukan.

Biasanya membuat page number atau nomor halaman pada lembar kerja MS Word banyak dilakukan jika sedang membuat makalah, proposal atau skripsi, pasalnya tugas-tugas tersebut membutuhkan banyak penjelasan serta bab-bab tertentu yang otomatis mengharuskan dibuatkanya page numbar atau nomor halaman. Dan jika sebuah tugas diberi nomor halaman pastinya harus dibuatkan juga daftar isi sebagai tempat berkumpulnya nomor halaman yang menunjukan judul atau bab tertentu, yang bermanfaat untuk memudahkan kita mencari judul penulisan tanpa harus mengecek satu persatu. Oleh karena itu silahkan baca cara membuat daftar isi dengan titik-titik otomatis di MS Word.


Nah untuk membuat page number atau daftar isi di lembar kerja MS Word sangatlah mudah, karena microsoft sendiri sudah menyediakan fitur untuk membuat nomor halaman secara otomatis pada lembar kerja ms word. Dan fitur ini tidak hanya ada pada satu versi ms word saja melainkan semuanya ada. untuk tutorial beserta penjelasan membuat page number atau nomor halaman pada ms word bisa dilihat dibawah ini.

Cara Membuat Nomor Halaman (Page Number) di MS Word


1. Pertama silahkan buka lembar kerja ms word anda baik yang masih kosong atau yang sudah ada tulisannya.

2. Kemudian silahkan pilih menu insert lalu klik page number, pada bagian page number silahkan pilih posisi yang anda inginkan. Sebagai contoh jika ingin nomor berada di bagian bawah silahkan pilih "Bottom of page" dan pilih lagi posisi untuk nomornya.


Sebenarnya disini nomor sudah muncul dan otomatis ada pada setiap halaman, namun jika anda ingin mengganti nomor dengan angka romawi atau yang lainnya bisa di ikuti cara dibawah ini.

3. Silahkan masuk lagi ke menu insert lalu klik page number, pada bagian page number silahkan pilih "Format page number".


4. Selanjutnya akan muncul popup format page number, disini anda tinggal pilih jenis nomor halaman yang anda inginkan, bisa angka, huruf atau angka romawi (terserah), jika sudah klik OK.


5. Nah berhubung membuat nomor halaman ini membutuhkan header dan footer, untuk menghilangkanya silahkan pilih menu design lalu klik "Close header and footer".


Nah mudah bukan cara membuat nomor halaman di lembar kerja ms word, silahkan anda kembangkan sendiri sesuai keinginan anda. Sekian tips yang dapat saya bagikan dan terima kasih.

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();