About

Cara Melakukan Defrag Hardisk Pada Windown 8/8.1

Cara Melakukan Defrag Hardisk Pada Windows 8/8.1,- Pada postingan sebelumnya saya pernah membagikan tutorial mengenai cara defrag hardisk menggunakan Software Utilities, berhubung tutorial tersebut hanya bisa dilakukan dengan software kali ini saya akan membagikan tutorial yang sama namun tidak menggunakan software yaitu Cara defrag hardisk pada windows 8/8.1 dengan menggunakan fitur bawaan windows. jika anda menggunakan SO selain windows 8/8.1 silahkan ikuti saja mungkin caranya sama saja. Namun sebelum itu apa yang dimaksud Defrag?

Defragmentasi atau biasa disebut Defrag adalah Sebuah Proses menyusun file yang terpecah pada harsidk lalu merapikanya file tersebut, cara ini sangat berguna untuk mempercepat pemrosesan data pada hardisk dan mengoptimalkanya kinerja komputer. Jika anda melakukan defrag hardisk secara berkala akan membuat hardisk semakin sehat serta akan memperpanjang umur hardisk.

Kita tah bahwa hardisk adalah hardware terpenting pada komputer atau laptop, dimana hardisk yang menyimpan segala file dari sistem operasi yang digunakan serta digunakan untuk media penyimpanan file komputer. Nah oleh karena itu jangan sampai hardisk anda rusak, karena jika sudah rusak file penting yang ada di hardsik bisa saja hilang dan sangat sulit untuk mengembalikanya.


Nah salah satu cara untuk menjaga hardisk supaya sehat selalu dan berumur panjang silahkan lakukan deftarg hardisk secara berkala, karena selain membuat hardisk tahan lama juga akan membuat kinerja komputer atau laptop menjadi semakin baik lagi. Nah buat anda yang mengalami komputer atau laptop lambar defrag hardisk bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasinya dan bila anda pengguna sistem operasi windows bisa langsung defrag hardisk tanpa menggunakan software, karena windows sudah menyediakan toolsnya. untuk tutorialnya bisa dilihat dibawah ini.

Cara Melakukan Defrag Hardisk pada Windows 8/8.1


Sebelumnya bagi anda pengguna SO windows selain Windows 8/8.1 silahkan diikuti saja tutorial dibawah ini mungkin saja caranya sama, Karena saya belum pernah melakukan defrag hardisk pada windows selain Windows 8/8.1. Ok langsung saja berikut tutorialnya.

1. Pertama silahkan buka My Computer lalu Klik kanan pada salah satu Drive bisa (C/D/E) dan Pilih Properties.


2. Kemudian akan muncul jendela baru, langkah selanjutnya pilih menu Tools lalu Klik "Optimize" pada Optimize anda defragment drive.


3. Disini sebelum melakukan defrag hardisk kita diharuskan untuk Analyze atau menganalisa, Hal ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar berantakannya struktur file hardisk. Jika sudah paham klik "Analyze" untuk menganalisa hardisk.


4. Tunggu prosesnya hingga selesai, Jika sudah selesai anda akan mengetahui seberapa berantakanya drive anda yang bisa dilihat dari berapa persen angka yang tertera. Kemudian untuk defrag silahkan Klik "Optimize".


5. Disini prosesnya lumayan lama tergantung seberapa besar berantakannya drive anda. Jika sudah selesai maka current status akan kembali menunjukan angka 0%.

Baca: Cara Mengaktifkan defrag otomatis pada windows 8/8.1

Nah dengan begitu hardisk anda akan semakin sehat dan akan berumur lebih panjang, Lakukan cara tersebut ke drive yang lain juga namun saya rekomendasikan yang C: dulu. Sekian yang dapat saya bagikan dan semoga bermanfaat,

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();