About

Cara Mengaktifkan Defrag Otomatis Pada Windows 8/8.1

Cara Defrag  hardisk secara otomatis di Windows 8/8.1,- Bebehari yang lalu saya pernah membagikan postingan mengenai cara Defrag hardisk pada windows 8/8.1 dan kali ini saya kembali akan membagikan tutorial yang sama mengenai cara mengaktifkan defrag otomatis pada windows 8/8.1. alasan saya membagikan tutorial yang sama adalah pada tutorial sebelumnya saya memberikan tutorial defrag secara manual, buat agan yang tidak mau susah-susah melakukannya bisa mengaktifikan defrag otomatis pada windows 8 yang bisa diatur jadwalnya.

Bagi anda pengguna windows 8/8.1 bersyukurlah anda karena windows tersebut mempunyai fitur yang lebih baik dari SO windows sebelumnya salah satunya adalah fitur defrag otomatis ini, dengan mengaktifkan fitur ini tentunya kita tidak pelu repot-repot mendefrag secara manual, bila dulu defrag pada windows xp dan windows 7 bernama "Disk Defragmenter" kalau ada windows 8/8.1 bernama "Optimize drives"

Bila anda bertanya-tanya mengapa defrag hardisk perlu dilakukan? alasannya seperti yang sudah saya jelaskan pada postingan sebelumnya yaitu bermanfaat mengatasi komputer yang lambat. dikarenakan defrag atau defragmentasi adalah menyusun file yang terpecah atau berantakan lalu menyusunnya dengan rapi. file yang berantakan bisa disebabkan oleh aktifitas hapus file atau folder, install dan uninstall program. nah dengan defrag hardisk manfaatnya selain yang saya sebutkan diatas juga akan membuat hardisk menjdai sehat dan berumur panjang.

Nah bila sudah mengetahui manfaat dari defrag hardisk, silahkan defrag hardisk anda sekarang karena anda akan mengetahui manfaatnya setelah melakukanya. untuk pengguna windows 8/8.1 silahkan aktifkan defrag secara otomatis agar tidak perlu susah-susah mendefrag secara manual. untuk cara pengaktifanya bisa dilihat dibawah ini.

Cara Mengaktifkan Defrag Otomatis Pada Windows 8/8.1


1. Pertama Silahkan tekan Windows + R pada keyboard lalu muncul sebuah kotak pencarian dan pada kotak pencarian tersebut silahkan ketikan "dfrgui" tanpa tanda petik.

2. Kemudian silahkan klik "Turn On" untuk mengaktifikan defrag otomatis. lihat gambar dibawah ini.


3. Setelah itu centang "Run os a schedule (recommended)" lalu pilih pada "frequency" dengan Daily (harian), Weekly (Mingguan) dan Monthly (Bulanan). silahkan pilih salah satu dari ketiga pilihan defrag tersebut. Kemudian klik Choose untuk memilih drive yang ingin di defrag.


4. Selanjutnya akan muncul drive yang ada pada hardisk komputer anda, silahkan pilih atau centang drive yang ingin di defrag. pada langkah ini anda wajib memilih yang drive C karena drive ini adalah drive yang paling penting, Jika sudah klik Ok.


5. Jika defrag otomatis berhasil diaktifkan maka akan ada pemberiathuan "On" pada Scheduled Optimization.


Dengan begitu anda tidak perlu repot lagi mendefrag hardisk secara manual karena sudah dibuat otomatis, serta defrag akan terjadawal seperti yang anda pilih. Sekian yang dapat saya bagikan dan Good luck!

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();